Minggu, 02 Februari 2014

kisah amplop putih :)



Wait... 
ini bukan cerita amplop undangan yang sering kita kasi kalau mau pergi pesta. :D
ini lebih kepada perjuangan (haha...lebay)
-_- apa siihh **

Pertama kali aku menemukan mu... 
waktu itu,,aku diterima menjadi seorang staff pengajar disebuah bimbingan belajar di Medan.
Ini kali pertama aku melamar kerja dan langsung diterima. :)
Menjadi seorang tentor! hoho

jujur... yang pertama kali ku kejar ketika itu adalah "A BIG SALARY" TUIIIIINGGGG >_< (*Dasar matreee)
hehe... disitu tuuh,, yang aku tau gaji tentor yang termasuk lumayan besar dibandingkan bimbel tempat lain hiihi
keburu otak shoping ku hilang.. gitu dapet gaji pertama langsung deh.. tuh amplop putih dikosongin dan dipindahkan ke market market  terdekat . wkwkwkw!!!
Padahaaaal… aku tuh dah berencana niruin iklan shampoo Rejoice zaman dulu. Masih pada inget gak????
Yang kalo gak salah!
“ma….. ini gaji pertamaku… semuanya untuk mama….”
:D
nah... itu tuuuuuu
ingat kaaaan???? kalo gak ingat berarti lu pade gak punya tipi dulunya .... heheh kiddiiiing

tapi apa daya,, aku disini mama disana..
Amplop putih pun lenyap beserta isinya!

tapi sebelumnya udah dapat izin dulu dari my mom
"ma.... cien dah gajian"
pura-pura diem nunggu respon mama
"ya.. udah ditabung, kalau mau di pake ya di pake, tapi jangan boros"
"oke maaa......."
wonderfull mam.... padahal entah sudah berapa ratus juta MUNGKIN uangnya yang terpakai oleh ku semenjak aku lahir ke muka bumi, tapi ia tak pernah sedikit pun mengeluh apalagi tah minta ganti rugi. "NEVER"

JAZAKILLAH AHSANAL JAZA' MAMAAAAAAA T_T

amplop putih pun menjadi agenda rutin

Ketika pulang ke kampung aku pun langsung diterima mengajar disebuah yayasan pendidikan didaerah ku. Betapa aku baru tau "o... inilah dunia kerja nyata yang sebenarnya! dimana kita harus benar benar fokus menjalankan amanah"

amplop putih setiap bulan ku terima
tapi jujuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuur,, aku tak pandai menggunakannya. sebagian ku tabung untuk membeli gadget yang ku inginkan, "HP BARU, LAPTOP BARU" Dan selebihnya terkadang buat barang barang yang berlbihan.
Tapi Alhamdulillah masih bisa nyisain buat nyambungin diri ke akhirat lewat sedekah dan buat ngasi ke mama papa , adik dan keponakan.-


AAmplop putih emang selalu bikin bahagiatapi bisa juga buat mala petaka :D
Alhamdulillah kini aku lebih bisa mengelola isi amplop putih. aku belajar dari orang orang yang bisa berhemat dan tentunya lebih dengerin nasehat mam papa dan kakak kakak. ternyata gitu bisa belajar hemat... duuuuh subhanallah. kita lebih bisa menghargai kerja keras kita selama ini.

Oke aku akan bagi bagi tips cara ngelola uang,, versi aku..
maap jika gak efective atau basi banjget tips nya.. yang pasti ini udah aku lakuin dan Alhamdulillah berhasil. mungkin orang -orang juga punya cara mengelola uang dengan baik versi mereka masing masing :)

1.Catet atau simpan slip gaji
2. sisihkan buat keperluan yang urgent
3.sisihkan buat shopping colect kayak baju, tas, sepatu, buku atau jilbab (pilih salah satu)
4. jangan lupa beli oleh oleh buat mama papa
5. sisihkan buat Infaq
6. Hemat pulsa (kalau biasa sebulan 200 ribu press jadi 100 ribu )
7. Catet pengeluaran dan simpan struk belanja
8. Jangan banyak jajan
9. Sisain buat ditabung minimal 200 ribu aja biar dikit yang penting intens bisa juga dalam bentuk arasan
10.kalau masih banyak sisa buat modal jualan aja (jangan kayak aku niat jualan eh...malah semua barang dagangannya aku yang make' )

tuuuh... kalo dihitung hitung... misal gaji kita 2 juta , masih ke pake'  8ooribu kan...
masih bisa nyimpen 1 juta 200 ribu tiap bulannya :D itu hitungan aku ...

nah kalau mau dipake' buat refreshing bisa di agendain 2 bulan sekali dalam bentuk yang berbeeda beda, misal nya makan di restoran mahal, atau berkunjung ke rumah saudara atau sekedar jalan jalan ke luar kota.

Grand saldo bisa dimanfaatin buat beli gadget atau apa deh barang yang kamu suka.  misalnya 5 bulan sekali.

atau beli bingkisan buat keluarga dii hari lebaran :)

dan Alhamdulillah.... aku bisa lebih hemat dengan cara belajar mengolah uang dengan baik. kuncinya adalah... gak boleh boros. 

Dan akhirnya tabungan membesar... pengeluaran sedikit

bravoooooooooooo!!
insyaAllah pasti bisaaaa!!!




Tidak ada komentar:

Posting Komentar