Senin, 21 Oktober 2013

Setanggi Fisika

Terusik tiba-tiba ingatan ku oleh kenangan dulu bersama teman-teman seperjuangan mengarungi lautan ilmu yang penuh tantangan bernama “UNIMED”. Minoritas yang membuat ukhuwah itu terasa indah. Sebab dari hampir 50 orang dikelas  kita hanya tinggal bersepuluh saja, tahapan tahapan yang kita lalui tidaklah cepat untuk menjadikan kalian begitu lekat diingatanku sampai saat ini , tapi butuh waktu yang lama. Berikut perjalanan itu….
“Dan kita bertemu dikampus hijau”
Awalnya kita tidak saling mengenal, saat pertama kali mendaftar ulang aku berkenalan dengan gadis manis yang wajah nya agak ke nias-niasan J nama nya “Nisa” anak PMDK dari sidempuan. Perlu diketahui Nisa atau yang sering ku panggil UUN (*entah dari mana asal panggilan itu, aku juga lupa) sekarang sudah menikah mendahului kami :D. Selanjutnya perkenalan kami lanjutkan di kelas ketika semua sudah masuk. Eh,,,, bukan bukan… kalau tidak salah dimulai dari masa PAMB (alias masa MOS) kami berkenalan, karena waktu itu yang muslim dipisahkan dengan yang non muslim sebab ada kegiatan ibadah. Nah… lanjut dikelas kami juga belum begitu akrab, tapi sudah terlihat benih- benih persahabatan itu.. uhuuuuuuiii.
Mungkin sekitar semester 3 kami baru akrab dan dekat , ditandai dengan sering ke mesjid bareng (chck…chck… keliatan sholeh dan sholeha nya yak :D), makan bareng dan kerja kelompok bareng (ehm…. Gak diragukan lagi kayaknya Indeks Prestasi kami…hahaaaai)
Hari berlalu… dan keindahan itu semakin terasa kala sahabat menjadi tempat berbagi dan saling memahami, bukan saling menjatuhkan malah saling memotivasi. Suka banget deh… dengan Solidaritas sahabat-sahabatku ini. Walau sks nya beda-beda tak membuat kami saling berjauhan , bahasa kerennya datang bareng , pulangnya pun bareng. Apalagi waktu kami sama-sama tergabung di “ukmi” (Organisasi Internal Kampus Unit Kegiatan Mahasiswa Islam Unimed , jadi syuro’ nya pun bareng-bareng. Yang gak bisa dihindari itu………… “kegokilan kami… yang kadang kadang kena’ tegur hehe”
Semakin seru ketika kami beranjak dewasa :D menempati semester 6, hihi…
Awalnya ide akhwatnya mengadakan pengajian MUFSIND’O6 (sebutan untuk Muslim Fisika Non Dik Stambuk O6), dan akhirnya ide itu dikabulin ma kelompok ikhwannya. Jadi deh… kita buat pertemuan 1 minggu sekali agendanya tu,,, Tahfidz dan Tahsin Qur’an juga ada materinya yang dibawakan secara bergiliran dan selain itu ada juga diskusi pelajaran. Eits….. bicara Tahsin Qur’an pasti bingung kan… siapa yang ngajari kami? Ngundang ustadz?, hmm… jangan salah bro,,sist,… temen kami bernama Ust.Mukhlizar ,nah kenalin… beliau tu jago banget fisika nya prestasinya gak diragukan lagi, lain urusan percintaan nya ya.. kalau masalah itu ehm,,, saya angkat tangan haha,,, (peaceeeee bro izal) , nah kembali ke laptop, beliau ini juga Qori’ di provinsi nya (ACEH). Nah jadi beliau yang menjadi guru ngaji kami, memperbaiki tahsin kami. Weizzzzzzz………….. keliatan seru kan,, jangankan kalian , aku juga pengen masa-masa itu kembali J Miz U ol, Fren <3 p="">

Lalu kami pun mulai memikirkan masa depan kami secara serius (haha, serem amat yak!) ada yang mebahas topic pernikahan, S2 dan pekerjaan, bawaan nya pengen cepat-cepat wisudaaaaa aja. Masa masa galau nih Fren J.
Ya emang bener ketika masing-masing sudah mulai sibuk dengan misi-misi nya Pkl, penelitian, skripsi , seminar, sidang, dan sejenisnya yang selalu menghantui kami,,, luarrrrr biasa sibuknya saat itu. Nah…. Untuk merefreshkan persahabatan kami, mufsind de genk pun berencana mengadakan tour (Rihlah)……dan Alhamdulillah rencana pun di Aminkan meski tidak semua yang ikutan. Akhwatnya 3 orang dan ikhwannya 5 orang jadi ada 2 orang yang gak ikut.
Tour dengan merental sebuah mobil, supir nya bro Izal dan Bro Irwan pembalap dari negri seribu pulau :D. Perjalanan di mulai dari Medan, lanjut ke Aek nopan (kediaman bro Tri, emm, ganti bro Andi, nah gini lebih enak didengar) bermalam disana, paginya berangkat ke Asahan, tujuan nya ke Air terjun yang besaaaaaaaaar banget (lupa namanya apa,,,, hadeuuuh) yang pasti kereeeen banget. Perjalanan yang seru dengan candaan candaan yang menghangatkan suasana. Lanjut ke Danau Toba(parapat) singgah buat makan siang ditepi danau sambil beristirahat and then, balik ke Medan. Tadinya aku masih mau mengajak teman-teman ke Pantai perbaungan L tapi apa daya langit sudah mulai gelap. Biaya rental pun takut bengkak hihi.
Oya, lupa… di perjalanan hampir saja terjadi accident, Tapi Alhamdulillah, Allah masih sayang kepada kami, accident terelakkan oleh penyetir handal bernama bro Izal, walaupuuuuuun teriakan tetap terjadi. Hehe (paling keras kayaknya teriakan ku hihi,,,).
Persahabatan yang unik , menarik dan keren aku rasa begitu, mereka begitu menginspirasiku, setiap mereka punya sesuatu yang menjadi nilai plus yang bisa ku petik dan untuk dijadikan pelajaran. Dan akhirnya kami terpisahkan oleh kata kata Wisuda, dan sekarang mereka semua sudah sukses dengan apa yang mereka ikhtiarkan, aku bangga pernah dan akan selalu menjaga hubungan pertemanan dengan mereka. Rindu itu menggebu ketika salah seorang sahabat kami melangsungkan pernikahan minggu lalu. Tak disangka rasanya kami sudah melalui hari-hari yang cukup panjang dan saat nya berbenah mempersiapkan untuk hal yang lebih besar lagi. Karir dan Rumah tangga, hingga Syahid, syahidah dijalanNya. Kalian…. Ya kalian… ku titipkan do’a ku kepadaNYa untuk kalian lewat do’a Robithoh. Semoga kalian pun juga demikian tidak melupakan dan saling mendoakan, kali aja anak kita nanti berjodoh wkwkwkw (jauh banget mikirnya).
Oke,,, sekarang aku udah punya banyak anak, maksudnya anak murid hehe.
Baik, aku bakalan kenalin para pemeran pemeran di kisah ini, 10 orang kan tadi?? Oke 10 orang saja J
Mulai dari, yang paling imut yak
Intan (Me) : TEEEETTTTTTTTTTTTTTTTTTT (Disensor semua hahahaha)
Julaiha Siregar   (Jule): Sobat yang satu ini selalu tampil menawan dengan logat bataknya, yang keren dari dia tu adalah “Mandiri” and “Fight” salut, salut, salut dan bangga jadi teman jule. Diawal kuliah dulu Jule punya  kisah tersendiri hmmm… detail kisahnya juga aku lupa. Dewasa dan berwibawa dan tepat jadi teman curhat . Zuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu miz u banget dah J emm,, sekarang zu kerja di… kabar terakhir sih di Pekan Baru tapi gak tau kalo’ sekarang, entar saya update lagi yak.
Ria Yuliana (mbak iyak) : Mbak ku yang satu ini, duuuuuuh dewasaaaa banget, usianya emang terpaut 2 tahun diatas usia ku (secara gue paling muda hihi) penyayang dan lembut,pokoknya so cuteeeeee, dah. Teman curhat yang cooool, ngadem banget kalau dah sama mbak iya, kalau di genk kami ni emak kami hehe. Sekarang beliau mengajar di SMP dan SMA PAB di kec.percut sei Tuan Medan.
Anisah Awaliyah Hasibuan (Nisa): Sohib ku semenjak nginjakkan kaki di Unimed, rada manja, agak tomboy (hobinya manjat pohon, hahai!) tapi dewasa juga (bawaan anak sulung kali yak ), lucuu, unik. Sohib ku yang satu ini tempat ku meminta saran en kritik dulu. Kemana pergi sering bareng, sampe’ ada yang bilang kakak adek.  Nisa paling ramah ma dosen, kalau ada apa-apa kami ngedepankan nisa (maju sa…. Kami dibelakang mu,,) hehe,  selain pinter en cantik nisa juga sahabat yang paling care. Sekarang Nisa sudah dipersunting oleh pangeran nya, hihi.. dengan seribu kisah yang haru biru dan ending nya pasti suka cita ya kan sha? Nah, bicara Jodoh. Ane punya kalimat yang sepertinya lumayan penting buat kita ingat, ALLAH telah menempatkan ruang dihati kita untuk diisi oleh seseorang yang Allah juga sudah tentukan siapa orangnya. Jungkir balik bla…bla ..bla.. teteeeeuuuup ALLAH juga lah penentu ending dari kisah pencarian itu. Well… semua akan indah sesuai rencanaNYa. Sa,,,,love u emmmmmuah.
Nita Kartika Rini (NiQaRie or Nita): Sobat ku yang paling manis ini, berasal dari negri keraton hehehe( abisnya agak agak anggun gituu), kembaran dari Nia(kakaknya) adalah sahabat kami yang cantik, manis, pinter, sholeha, rajin, sweet lah, paling laku dikalangan kami, hehe( peaceeeeee ta!) Terbukti banyak yang suka ma Nita. Orangnya setia kawan banget, rada manja juga sih,, tapi kayaknya lebih banyak dewasanya. (kayak nya aku baru sadar kalu temen—temen ku tu, dewasa semua pemikirannya). Sekarang sohibati Nita sedang melanjutkan S2 nya di Univ.Ahmad dahlan Jogjakarta,, sukses selalu mbak taaaaa, olweis mis u :*
Dah…abis ngebahas akhwatnya sekarang ikhwannya… misi….. bro bro sekalian, Mulai dari yaaaaang… jelek, eeh.. yang imut aja deh…(iiiiiiihh…..emang ada?) yang paling muda aja deeeh…(hmm,, ntar ke GR an,, sok muda) ya dah deh… adilnya mulai dari susunan abjad aja.
Tri Siswandi Syahputri eh,, Syahputra maksudnya (Andi or Tri): sohibku yang ngaku paling ganteng seantero ini, temen yang paling.. (maap ya broooo, kalau ada yang salah ketik hihi) maksudnya yang lebih childest dari pada temen yang lain hihi, (ngaku looo). But basicly, dia punya pemikiran yang dewasa juga koq, mandiri lumayan , pinter sooo pasti anak fisika gak ada yang gak pinter walaupun pinternya pinter ngibuul yang penting pinterrrrr hahaha, baiiik , care, fun dan selalu melakukan hal-hal yang lebih baik. Prestasinya mungkin bisa dikatakan lumayan lebih banyak dari kami terutama aku hehe, saluut deh buat soohib ku yang satu ini, selain cakep ,sholeh,pinter juga dan perlu di”catat” teman2! dia masih single ayooooooooo siapa mauuuuuuuuuuuuuuuuuu hehe. Now, dia sekarang melanjutkan study S2 nya di ITB, cieeee.. komplit kan kekerenannya (* ndi,, Goban bayar diluar, transfer juga gak apa hahaha)
Fajran Rahman (Fajran): baru-baru ini terharu oleh kisahnya, tapi its OKe, ALL is WELL… hehe (yiaaaak, sotoy beuuud gue mah). Temenku yang ini orang nya pendiem , tapi punya banyak pemikiran (haha.. kalau gak mikir apa cobak namanya?:D) maksud akuu, pinter creative, aktif, tinggi dan,,, apalagi yak? Selanjutnya kalau mau tau lebih banyak add aja FB nya #Fajran Rachman hehe(promo lagi). Sekarang sedang mengelola bisnis optimizer nya. Keren kaan (siapa mauuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu hihi)
Mukhlizar (Izal): Yang satu ini emang sering timbul tenggelam di geng kita a, maklum ilmu filsafatnya di atas rata-rata  diantara kami hahaha.. Play Boy (tampang nya doankkkk,,, kayak nya setia deh , peace broo), pinter (weizz kagak diragukan), baik dan solid juga. Sekarang beliau menyambung study s2 di ITB dan juga seorang dosen. Keren keren ya teman ku.. (siapa maaaaa…… gak jadi deh… haha) dah laku kayaknya. :D
Muhammad Zainal Arif Hutabarat (Ze): Eits… jangan liat dari marga nya yang kedengaran batak banget, ni orang punya hati yang lembuuuut banget, hihi. Ip nya selalu bagus ( ngiriiii L) caree dengan temannya paling solid suka membantu ,, yuhuuuuuu 4 thumbs buat zeeeeeeeeeeeee. Sobatku yang satu ini misterius banget( eng… ing…. Eng….) . dan banyak banget fans nya (yeeeeee beri applause…….:D)
Sekarang ……. L I don’t Know about him. Abisnya susah banget dihubungi nya, :P
Nova Irwan (Ir): Sohib yang satu ini bersuku aceh, paling cool and dewasa di antara yang lain. Playb… teeet (ntar kena jitak pula… hehe) yang pasti pinter, baik, dan lika liku percintaannya paling banyaaaaakkkk :P (d’t angry brooo, la taghdob wa lakal jannah) yuhuuuu. Dengar kabar beliau akan menikah, amiiiiiiiiiiiiiiiiiiin. Moga bener ya freeeeen, do’ain yaaaaakkkk, Sekarang beliau sedang menyelesaikan study S2 nya di Unimed.

Naaah…. Tu lah sohib sohib best ku dulu , sekarang dan InsyaALLAH selamanya…. I cant Forgetted U are.
Do’ain yaaa kami bisa ngumpul buat reuniaaan. Maklum lah pada sibuuuk semua. J
Bicara tentang sahabat, Yuk kita tinjau hadist berikut:
Dari Nu’man bin Basyir r.a., Rasulullah SAW bersabda, 
“Perumpamaan persaudaraan kaum muslimin dalam cinta dan kasih sayang di antara mereka adalah seumpama satu tubuh. Apabila satu anggota tubuh sakit maka mengakibatkan seluruh tubuh menjadi demam dan tidak bisa tidur.” 

(Hadis riwayat Muslim)

“Seorang Muslim adalah saudara muslim lainnya, ia tidak menzaliminya, merendahkannya, menyerahkan (kepada musuh) dan tidak menghinakannya.” 

(Hadis riwayat Muslim)
Nah,, gimana? Sahabat itu penting kan. Bersahabat dengan alam, dengan makhluk Nya. But,,,,,, dalam berteman juga harus bisa selektif, artinya jangan mudah terjerat dengan sikap teman yang tidak baik. Kalau sudah terlalu percaya maka mudah lah terbaur dengan sikap buruk nya. Tapi sebaliknya jadilah sahabat yang selalu mengajak kepada kebaikan.
Tuuu….. gak heran kalau ada pepatah yang bilang
“berteman dengan penjual minyak wangi maka kita kecipratan wangi nya, artinya berteman lah dengan orang-orang yang sholeh , semoga ikutan sholeh juga
Well,,,, akhir tulisan ini akan saya hiasi dengan sebait  syair dari maidany nasheed. 

ehm,,, check, check...

"jiwa ini telah dihulu rindu, tuk hadirkan satu hati bersama mu, sahabat mari kita bangun kembali, segalanya disini,,, datang lah bersama iman di jiwa... 
Hadirmu.. semoga membawa cahaya di dalam ukhuwah kita yang kan kita jalin bersama, semoga kerinduan kita akan kejayaan kembali hadir di dalam kebersamaan kita semoga..." 

:)


2 komentar:

  1. Setau saya,.
    si ir itu suku gayo
    si izal yang suku aceh

    yesterday is today
    today is tommorro

    BalasHapus
  2. Makasih ya udah dsebut nama saya

    BalasHapus